Penyakit Itu Memang Benar Benar Ada


Buat yang udah nonton film “One Litre Of Tears” pasti terharu dan prihatin banget sama “kitou aya” yang diperankan sama Erika Sawajiri. Gimana engga seorang anak sma uda divonis kena penyakit yang gada obatnya, sama artinya dengan tinggal nunggu waktu kapan dia mati. “Spinocerebellar Degeneration Deases” itu nama penyakit nya, film ini memang merupakan kejadian nyata yang dialami salah seorang siswi sma di Jepang. Dengan segala tekad dan keinginan untuk hidup normal sebagaimana teman temannya yang lain, merasakan indahnya masa masa sma, merasakan indahnya cinta, dan merasakan semua keindahan dunia, dia malah berusaha untuk tetap bisa jalan dengan normal. Film ini mulai kerasa sedih begitu semua orang sudah mulai sadar dan tahu bahwa dia penyakitan, dan ternyata hal ini juga terjadi sama sepupuku.

Sedih banget rasanya, begitu tahu bahwa sepupu aku tersebut kena penyakit sejenis, “myasthenia Gravis” itu nama penyakitnya. Penyakit ini memang tidak pandang bulu, dan belum diketahui juga penyebabnya apa, apalagi obatnya. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, perlu diketahui kl penyakit ini biasa nyerang wanita pada rentan usia mulai dari 20 tahun, kl pria biasa terjadi pada rentan usia 40 ke atas, penyakit ini juga jarang sekali terjadi, persentase nya 1 diantara 100. Sepupu aku salah satunya, berapa puluh juta uda dikeluarkan demi kesehatannya, segala pengobatan alternatif uda dicoba, tapi ternyata memang benar semua tidak ada efek positifnya. “mestinon” itu nama obat yang sekarang merupakan suatu kebutuhan bagi para pengidap myasthenia gravis.

Meski begitu ternyata hidup telah menjadi sangat penting bagi semua orang, g sengaja aku nemu milis para penderita penyakit ini. Aku cerita bahwa sepupu aku juga ternyata sama menderita myasthenia gravis. G nyangka respon yang aku dapat ternyata besar banget, semua anggota milis memiliki tingkat solidaritas tinggi, dan mereka saling memberikan spirit mental satu sama lain, saling sharing pengalaman, resep dokter, dan kadang saling berkunjung satu sama lain. Salut aku buat mereka. Sepupu aku juga ngerasa ada teman baru, yang aku liat juga ternyata semangat hidup dan keinginan untuk beraktifitas seperti biasa juga mulai tumbuh lagi. Kalau dulu sepupu aku ga jauh kaya mayat hidup, aktifitasnya hanya di tempat tidur, aku sendiri lupa berapa tahun dia ga beranjak dari kamar nya, padahal orang lain di usianya udah mulai kerja dan mulai memikirkan pernikahan, ngilu dan terharu aku liatnya. Sekarang yang bisa aku dan orang terdekatnya lakukan adalah berdoa, dan senantiasa ngasih spirit buat dia.
Buat yang pengen tau lebih banyak tentang myasthenia gravis bisa join di sini

2 thoughts on “Penyakit Itu Memang Benar Benar Ada

  1. Salam kenal

    Saya adlh salah 1 penderita myasthenia gravis {mg}. Saya divonis oleh dokter syaraf kena mg tgl 20 Agustus 2007. Saya mulai merasakan tubuh melemah sejak 9 Agustus 2007. Dari hari ke hari tubuh saya makin melemah. Paginya tubuh agak kuatan dikit tp makin sore makin melemah. Setelah 2x keluar masuk rmh sakit Sanglah Denpasar,saya menjalani operasi timektomi tgl 9 nov 07. Walaupun hasil CT Scan tdk kelihatan kelenjar thymus,dokter tetap menyarankan operasi timektomi. Hasil opersinya,diangkat jaringan berbentuk semacam kelenjar yg mengeras spt lemak. Setelah diteliti di lab,katanya hanya jaringan biasa,bukan tumor dan sejenisnya. Setelah operasi, tubuh saya tetap lemah.Minum mestinon 5-6 btr/hr,baru ada sedikit tenaga. Pasca operasi,keadaan saya tdk menunjukkan perubahan berarti. Saya mencoba berbagai metode penyembuhan,salah satunya adl HYPNOSIS untk diri sendiri yg saya dptkan dr buku yg berjudul THE SECRET. Lama2 tubuh saya mulai agak menguat. Mohon info lebih jelas mengenai methode2 pengobatan mg.

    Salam

    Yoga Purnama

Leave a Reply

