Server KPU Down, ICR bermasalah, Data Overload, Siapa Yang Salah?


pemilu-20092

Setelah data berhasil di upload dari setiap KPUD, ternyata dari situ muncul berbagai macam permasalahan. Ternyata server KPU tidak dapat menampung data yang begitu banyak, sehingga pada akhirnya data tidak bisa langsung ditabulasikan.

Bukan hanya itu saja permasalahan yang timbul di pemilu 2009 ini, dari operator KPUD nya sendiri banyak mengalami kendala proses scanning form C1-IT. Permasalahan yang timbul diidentifikasi sebagai akibat kesalahan pada cetakan form rekapitulasi surat suara. Ada kelalaian dari percetakan yang mengakibatkan form tidak bisa dibaca secara benar oleh software icr. Hal ini mengakibatkan proses pengiriman data terhambat, karena operator harus melakukan verifikasi pembacaan terlebih dulu sebelum data dikirim ke KPU untuk ditampilkan dalam tabulasi nasional.

Satu lagi permasalahan yang terjadi adalah bahwa server KPU tidak bisa diakses, hal ini dikarenakan terlalu banyak masyarakat yang mengakses situs kpu. Hal ini wajar saja terjadi karena dalam pemilu kali ini mekanisme agak sedikit berbeda, karena rekapitulasi perhitungan surat suara dilakukan dengan menggunakan teknologi icr. Sehingga wajar saja bila masyarakat ingin tahu hasil perhitungannya, apakah dengan teknologi icr ini pemilu jadi lebih baik atau malah sebaliknya. silahkan anda bisa menilai sendiri. (adit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s