Kuliah Sambil Kerja (KSK)


Bagi sebagian orang gelar akademis menjadi prioritas utama dalam keberlangsungan karir nya, sebagian lagi ada yang beranggapan bahwa gelar tidak selalu menghasilkan uang. Terbukti banyak pengusaha sukses yang tidak memiliki gelar akademis seperti magister atau bahkan sarjana sekalipun, bahkan mereka hanya lulusan SD atau SMP. Saya termasuk salah satunya, saya tidak terlalu memusingkan tentang gelar dan almamater, karena saya merupakan tipe orang yang cukup pede dengan kemampuan dan abilitas seseorang dalam dunia kerja dengan tidak memandang grade dia di bidang pendidikan.  Tapi pada akhirnya saya juga mengikuti ajakan teman saya untuk meneruskan kuliah di Universitas Pasundan Bandung kelas Ekstensi. Periode 3 tahun ajaran 2009 saya mulai masuk dan mengikuti perkuliahan.

Karena sebelumnya tidak pernah milih sks dan mata kuliah, saya sempat bingung dengan sistem perkuliahan. Namun seiring berjalan nya waktu semua bisa diatasi. Semangat ternyata hanya datang pada saat awal perkuliahan, punya teman baru, suasana baru, dan kampus baru tentunya, namun saying begitu menginjak semester 2 akhir, semangat saya berkurang. Rasa lelah akibat seharian kerja menjadi andalan utama alasan berkurangnya semangat kuliah. Jam 8 ready to go to the office (agak telat dikit actually) sampai jam 5 sore, lalu pergi ke kampus dan mengikuti perkuliahan sampai jam 9.30. sisanya ngobrol atau nganter temen pulang. Sampai dirumah sekitar jam 10 malam.

Apalagi jika  ingat bahwa sistem perkuliahan di Unpas masih agak kurang rapi, banyak terjadi miss komunikasi antara mahasiswa dengan pihak manajemen terutama menjelang ujian. Belum lagi frekuensi pembayaran uang per-semester nya yang bergulir cepat, karena di Unpas satu tahun ada tiga semester.

Namun demikian banyak manfaat yang saya dapatkan dari perkuliahan ini, meskipun agak sedikit menguras tenaga dan kantong tapi berbanding lurus dengan pelajaran dan pengalaman yang didapatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s