Tangram – Mainan Kayu yang Hampir Dilupakan


tangram - mainan kayu Anda mungkin pernah memainkannya, permainan ini memang sangat mudah dimainkan. Tangram merupakan permainan yang dulu pada saat kita masih menginjak bangku TK/SD, kita sering memainkannya. Meski mainan kayu ini sederhana, tapi ternyata permainan ini terbukti sangat memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan nalar serta daya pikir anak. Kreativitas memang sangat diperlukan dalam permainan tangram ini. Permainan ini banyak diceritakan berasal dari negara Cina walaupun tidak ada sejarah penemuan mainan ini yang pasti. Namun, permainan ini populer berkat sebuah fiksi Cina The Eighth Book of Tan yang memang menceritakan sejarah permainan tangram tersebut.

Tangram merupakan sebuah persegi yang dipotong menjadi 7 keping bangun datar. Tujuh bangun itu yaitu 2 segitiga siku-siku samakaki besar, 2 segitiga siku-siku samakaki kecil, 1 segitiga siku-siku samakaki sedang, 1 persegi, dan 1 jajargenjang. Tangram ini bisa terbuat dari kertas, plastik, atau kayu yang nyaman untuk digenggam anak dan tidak mudah rusak.

Dari 7 bangun tersebut dapat dibuat berbagai bentuk; hewan, orang, tanaman, dan sebagainya. Telah dilaporkan bahwa dari 7 keping ajaib ini dapat terbentuk 700 lebih bentukan. Oleh karena itu, permainan ini berkembang sesuai imajinasi yang memainkannya.

Para orang tua boleh mulai memikirkan untuk memilihkan mainan ini untuk anak. Selain melatih motorik, permainan ini juga sangat membantu mengembangkan imajinasi anak. Permainan ini juga membantu anak-anak memperhatikan segala bentuk benda yang ada di sekitarnya sehingga ia lebih meudah mengenalnya. Tidak hanya untuk anak-anak, Anda, orang dewasa tentu tertantang juga untuk menggali imajinasi dengan memainkan tangram ini. Tertarik buat nyoba mainan ini, hubungi saya saja, murah kok tapi ngga murahan. Mainan tangram ini juga saya jual di blogstore Mainan Edukatif Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s